Minggu, 09 Februari 2014

intro

Peminat barang antik sekarang ini semakin banyak. Ada yang suka karena keunikannya, kelangkaannya,
keindahannya dll. Harganyapun semakin hari semakin melambung. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan
antara lain - karena kelangkaannya, umurnya, kondisinya,fungsinya dll. Namun sebahagian masyarakat yang
awam menganggap bahwa semua barang antik itu pastilah berharga mahal, dan semua barang yang tua itu 
pastilah  barang antik.
Dalam dunia per-antik-an, orang yang berkecimpung disana memilah-milah jenis barang antik tsb. Ada yang 
berdasarkan asal daerah, jaman pembuatannya, bahan pembuatnya dll. 
Dalam hal bahan pembuatnya, misalnya: porcelen, emas, perunggu, kayu, batu, kain dll.
Adapun contoh barang-barang antik yang terbuat dari kayu adalah ; patung kayu antik, ornamen kayu antik,
furniture antik, perkakas kayu antik dll.
Furniture antikpun dipilah menjadi beberapa jenis berdasarkan asal daerahnya , modelnya, finishingnya, jenis kayunya, dll.
Dari sekian banyak peminat barang antik, yang paling cepat bertambah peminatnya adalah peminat furniture antik. Hal ini disebabkan karena umumnya furniture antik masih bisa difungsikan, tidak hanya sebagai koleksi ataupun pajangan semata.

Biasanya para "pemburu" furniture antik mendapatkan barangnya dalam kondisi yang belum difinishing ulang, masih kotor, berdebu, bahkan sebagian ada yang rusak dan belum layak pakai. Sebagian dari mereka akan memperbaiki barang tsb dan memfinishing ulang sebelum dijual ataupun dipakai sendiri. Tapi sebagian lagi enggan atau bahkan ada yang takut merubah, memperbaiki ataupun memfinising ulang. Mereka hanya membersihkannya dan membiarkannya apa adanya. Ada yang beralasan karena takut patina barang tersebut akan hilang bila diperbaiki ataupun difinising ulang. 
Sebagian barang yang didapat para "pemburu" furniture antik tsb, ada yang dalam kondisi bercat (diwarnai cat). Istilah mereka barang "cat-catan". Barang "cat-catan" tsb memiliki peminat yang khusus dan saat ini bertambah banyak. Harga barang tsb pun dipasaran lebih tinggi dari barang /furniture antik yang tidak bercat.
Hal ini mengakibatkan banyak penjual furniture/ meubel antik mengecat ulang barang dagangan mereka .Tapi para peminat furniture antik cat-catan  umumnya tidak dapat dikelabui. Mereka tahu mana barang yang bercat tua dan mana barang yang bercat baru. 


Dalam blog ini saya khusus menampilkan hasil kerja saya mencat barang-barang khususnya furniture supaya terlihat seperti barang yang bercat tua.             

Tidak ada komentar: